Melalui keterangan resmi, pihak Toyota menjelakan kalau
recall dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjamin kualitas produk dan menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan.
"Sejalan dengan
global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas
recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan," jelas Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, dalam keterangannya, Kamis (18/3).
"Dan, kami berterima kasih atas respons yang cepat dan aktif dari pelanggan selama ini, sehingga persentase kendaraan yang sudah diperbaiki cukup tinggi," sambungnya.
Proses
recall kali ini terkait dengan masalah yang timbul di
fuel pump. Kendaran yang diduga mengalami masalah ini adalah Alphard produksi 2017-2019, C-HR 2018-2019, Corolla 2019, Camry 2019, Voxy 2018-2019.
Kemudian, Kijang Innova 2018-2019, Fortuner 2018-2019, Hilux 2019, Avanza 2017-2019, dan Rush 2017-2019.
"TAM mengajak kembali para pemilik beberapa model kendaraan Toyota dengan produksi tahun yang dimaksud di atas untuk segera melakukan pengecekan dan jika diperlukan maka melakukan penggantian fuel pump kendaraannya. Pengerjaan pengecekan dan penggantian
fuel pump ini berlangsung sekitar 2-4 jam," demikian keterangan Toyota yang dikutip Redaksi.
Masalah
fuel pump di sejumlah mobil produksi Toyota kali ini bukanlah yang pertama. Pada Juli 2020, Toyota juga sempat melakukan
recall dengan masalah yang sama.
Saat itu, tipe yang di-
recall antara lain Alphard produksi tahun 2017-2018, Corolla 2018, FJ Cruiser 2013-2014. Termasuk juga Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi 2017-2019.
Untuk melakukan pengecekan kendaraannya, pemilik mobil bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pun dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor 1-500-315.
Pelanggan juga dapat mengunjungi laman resmi Toyota di
www.toyota.astra.co.id/ssc. Setelah memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program
recall Toyota.
Jika kendaraannya masuk ke dalam program ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan, untuk dilakukan pengecekan dan penggantian komponen kendaraan jika diperlukan.
Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
BERITA TERKAIT: