Skuter Impian Taiwan Dengan Baterai Isi Ulang, Tidak Sampai Satu Menit!

GoStation/Kootz

Skuter listrik Gogoro buatan Taiwan ini mendapat sambutan yang cukup baik sejak diluncurkan pada 2015 lalu. Kendaraan ini layak disebut sebagai skuter impian karena memenuhi semua harapan penggunanya.

Skuter ini mampu bergerak dengan kecepatan maksimum lebih dari 90 kilometer per jam dan daya tahan baterai hingga 170 kilometer. Menepis kekhawatiran yang sering dialami para pengemudi kendaraan listrik, karena perusahaan Gogoro telah memikirkan hal ini.

Ketika baterai kosong dan harus diisi ulang, pengemudi tidak perlu harus berlama-lama menunggu hingga baterai terisi. Cukup dengan menukar baterai di GoStation yang tersedia. Pengemudi mengeluarkan baterai yang sudah kosong dari skuter dan meletakkannya ke tempat penukaran baterai di GoStation, dan GoStation akan menukarkan baterai baru.

Untuk baterai, perusahaan Gogoro akan mendaur ulang baterai lama dan menggantinya dengan baterai yang baru.  

Jumlah GoStation di seluruh Taiwan juga sangat banyak. Biasanya dari jarak beberapa kilometer hingga puluhan kilometer akan ditemukan GoStation, sehingga tidak perlu kuatir daya listrik skuter tidak bisa mencapai stasiun pengisian.

Skuter impian ini juga memilki fitus cerdas. Di antaranya, tersedia tempat colokan USB di pegangan kemudi atau bagian depan kemudi sehingga pengendara dapat mengisi baterai HP setiap saat. Skuter ini juga bisa dialihkan menjadi 'Mode Cerdas Hujan' melalui aplikasi, sehingga daya mesin skuter menjadi lebih ringan (mild), agar skuter tidak melaju terlalu kencang dan tergelincir.

Skuter ini juga bisa berjalan mundur dan dikendalikan dengan menggunakan sensor handphone atau jam tangan apple untuk menyalakannya, sehingga cukup aman dan menghindari pencurian. Tidak perlu khawatir saat harus meninggalkan skuter ini, karena secara otomatis terkunci skuter terkunci sendiri.

Aplikasi eksklusif skuter ini juga mempunyai fungsi navigasi ke GoStation terdekat. Ketika skuter dicuri, maka GoStation akan secara otomatis menolak untuk mengganti baterai skuter yang dicuri, dan kamera yang terpasang di GoStation akan memotret pengendara tersebut.

Skuter ini juga dirancang tidak bisa menggunakan baterai dari skuter gogoro lain, sehingga skuter hasil curian tidak dapat memperoleh baterai yang baru setelah daya listrik habis digunakan. Benar-benar aman, dan tingkat pencurian skuter Gogoro hampir menjadi nol.

Gogoro sebagai perusahaan skuter ini justru tidak mengaku sebagai perusahaan skuter listrik, melainkan sebagai perusahaan jaringan energi.

Pendiri Gogoro, Horace Luke, pernah mengatakan bahwa ketika kota dipenuhi GoStation, Gogoro bisa menjadi pusat pengaturan listrik kota. Oleh karena baterai Gogoro yang setiap saat berpindah tempat mengikuti skuter dan mengganti baterai, setiap detik ada puluhan juta data dikirim kembali ke Gogoro, dan melalui AI (kecerdasan buatan) dan pembelajaran mendalam, pola pergerakan sebagian besar orang di kota dapat diprediksi!

Gogoro telah menjaid perusahaan dengan pangsa pasar skuter listrik tertinggi di Taiwan. Keberhasilan model penggantian baterainya telah mempromosikan Gogoro ke Eropa dan Jepang, dan juga telah berhasil menarik perusahan skuter Taiwan lainnya untuk bergabung dalam Powered By Gogoro Network (PBGN).

Dalam aliansi ini, skuter yang dirancang oleh perusahaan skuter lainnya dapat berbagi penggunaan baterai Gogoro dan sistem penggantian baterai.

Saat ini, Gogoro akan memasuki pasar Asia Tenggara. Bisa jadi, suatu saat mungkin ada kesempatan melihat skuter listrik Gogoro menembus jalanan Indonesia!
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet

Selasa, 13 April 2021
Video

Jendela Usaha • Laris Manis Saat Ramadhan Dengan Olahan Kolang Kaling

Rabu, 14 April 2021
Video

RMOL WORLD VIEW • Apa Kabar Asia Timur?

Rabu, 14 April 2021

Artikel Lainnya

Termasuk Xenia Dan Sirion, Daihatsu Juga Recall 97.290 Unit Mobil Gegara Fuel Pump
Otomotif

Termasuk Xenia Dan Sirion, D..

18 Maret 2021 17:52
Masalah Di Fuel Pump, Toyota Recall Avanza Hingga Alphard Produksi 2017-2019
Otomotif

Masalah Di Fuel Pump, Toyota..

18 Maret 2021 16:49
Skuter Impian Taiwan Dengan Baterai Isi Ulang, Tidak Sampai Satu Menit!
Otomotif

Skuter Impian Taiwan Dengan ..

06 Maret 2021 11:17
Huawei Jajaki Rencana Produksi Mobil Listrik
Otomotif

Huawei Jajaki Rencana Produk..

26 Februari 2021 17:59
Kesepakatan Meredup, Hyundai: Akan Banyak Risiko Jika Merangkul Apple
Otomotif

Kesepakatan Meredup, Hyundai..

29 Januari 2021 13:21
Mobil Garang Tunggangan Presiden Joe Biden Punya Fasilitas Telepon Satelit Khusus Ke Pentagon
Otomotif

Mobil Garang Tunggangan Pres..

22 Januari 2021 09:22
Fiat Mantap Merger Dengan Peugeot, Jadi Produsen Mobil Terbesar
Otomotif

Fiat Mantap Merger Dengan Pe..

05 Januari 2021 06:19
Cacat Produksi: Setelah Tarik 9.000 Unit Di AS, Tesla Recall Ratusan Mobil Buatannya Di China
Otomotif

Cacat Produksi: Setelah Tari..

27 November 2020 21:47