Mobil Garang Tunggangan Presiden Joe Biden Punya Fasilitas Telepon Satelit Khusus Ke Pentagon

Presiden Joe BIden dan The Beast/Net

Sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat, Joe Biden akan mendapatkan sejumlah fasilitas tingkat tinggi. Salah satunya adalah kendaraan dinas kepresidenan.

Namun, Biden ternyata tidak mendapat mobil dinas yang baru, melainkan menggunakan mobil bekas pakai presiden AS sebelumnya, Donald Trump.

Biden pertama kali menggunakan kendaraan dinasnya tersebut pada Rabu (20/1) lalu, bertepatan dengan hari pelantikannya.

Sebenarnya, Trump pada 2017 juga 'diwarisi' limusin Cadillac 'The Beast' bekas pakai Obama yang telah dimodifikasi di beberapa bagian. Namun, setahun kemudian, General Motors mengirimkan Cadillac baru ke Dinas Rahasia AS, yang kemudian mobil inilah yang akan digunakan Biden.

The Beast sering dijuluki mobil super aman di dunia karena kecanggihan dan desain tangguhnya untuk melindungi orang nomor satu di AS.

Dari laporan Hindustan Times Auto pada Kamis (21/1), diketahui bahwa The Beast memiliki bodi lapis baja setebal lima inci. Kombinasi baja, aluminium, titanium, dan keramik pada bodi bahkan disebut mampu memecah proyektil yang menyentuhnya.

Pintunya juga berlapis baja dengan tebal delapan inci yang beratnya sama dengan bobot pintu kabin jet Boeing 757. Saat pintunya ditutup, pintu itu memiliki segel untuk melindungi presiden dari serangan kimia maupun kondisi genting di luar kendaraan.

Pintu mobilnya saja seharga 1,5 juta dolar AS atau sekitar 21 miliar rupiah! Tanpa lubang kunci.

Pintu tersebut hanya bisa dibuka oleh anggota Dinas Rahasia atau yang menangani mobil tersebut. Begitupun dengan kacanya yang bisa dibuka hanya di bagian sopir, itupun hanya setinggi tiga inci.

Sasis atau kerangka dasar The Beast juga diperkuat dengan pelat baja untuk melindungi Presiden dari serangan bom.

Tangki bahan bakar dilapisi lapis baja dan diisi dengan busa khusus yang mencegahnya meledak bahkan setelah terlibat dalam kecelakaan. Bagian bagasi kendaraan jiga memiliki sistem pemadam kebakaran, gas air mata, dan pelindung asap.

Selain itu, mobil dinas teraman di dunia ini sarat dengan senapan pompa dan meriam gas air mata.

Untuk urusan menggilas jalanan, The Beast dilengkapi teknologi ban anti-pecah berukuran besar. Bahannya disebut berasal dari Kevlar serta baja. Tidak seperti ban mobil biasa, jika terjadi sesuatu, atau bocor, ban ini masih bisa melaju di jalanan.

Di bagian interior, The Beast menggabungkan kemewahan dengan tingkat perlindungan yang sama seperti yang ditemukan di luar.

Kompartemen belakang kendaraan dapat menampung empat penumpang dan memiliki partisi kaca. Partisi ini hanya dapat diturunkan dengan sakelar yang disediakan untuk presiden. Mobil ini juga memiliki fasilitas telepon satelit dengan tautan langsung ke Wakil Presiden dan Pentagon

'Mobil buas' ini juga memiliki ruang khusus untuk menyimpan kantong-kantong darah untuk presiden, seandainya presiden membutuhkan transfusi segera.

Kompartemen pengemudi memiliki pusat komunikasi dan sistem pelacakan GPS. Di depan, di bawah gril juga ada kamera tersembunyi dengan fasilitas penglihatan malam.

Tidak sembarang orang bisa mengemudikan The Beast. Dibutuhkan orang yang istimewa untuk mengemudikan kendaraan khusus ini.

Pengemudinya wajib memiliki keahlian yang sangat tinggi dan harus menjalani pelatihan yang ketat untuk memastikan bahwa dia mampu menangani kendaraan ini dan menjaga keselamatan presiden.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Kok Jadi Kontroversial, Padahal Begini Test Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK

Selasa, 11 Mei 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Pemerintah Harusnya Jaga Perasaan Rakyat

Selasa, 11 Mei 2021

Artikel Lainnya

Mobil Listrik Pertama Lebanon Siap Luncur, Gunakan Nama Arab Yerusalem
Otomotif

Mobil Listrik Pertama Lebano..

26 April 2021 06:40
Dukung Program Hijau, Honda Targetkan Produksi 100 Persen Mobil Listrik 2040
Otomotif

Dukung Program Hijau, Honda ..

24 April 2021 09:15
Audi Luncurkan Mobil Listrik Termurah, Ini Harga Dan Spesifikasinya
Otomotif

Audi Luncurkan Mobil Listrik..

15 April 2021 18:31
Termasuk Xenia Dan Sirion, Daihatsu Juga Recall 97.290 Unit Mobil Gegara Fuel Pump
Otomotif

Termasuk Xenia Dan Sirion, D..

18 Maret 2021 17:52
Masalah Di Fuel Pump, Toyota Recall Avanza Hingga Alphard Produksi 2017-2019
Otomotif

Masalah Di Fuel Pump, Toyota..

18 Maret 2021 16:49
Skuter Impian Taiwan Dengan Baterai Isi Ulang, Tidak Sampai Satu Menit!
Otomotif

Skuter Impian Taiwan Dengan ..

06 Maret 2021 11:17
Huawei Jajaki Rencana Produksi Mobil Listrik
Otomotif

Huawei Jajaki Rencana Produk..

26 Februari 2021 17:59
Kesepakatan Meredup, Hyundai: Akan Banyak Risiko Jika Merangkul Apple
Otomotif

Kesepakatan Meredup, Hyundai..

29 Januari 2021 13:21