Farah.ID
Farah.ID

Fiat Mantap Merger Dengan Peugeot, Jadi Produsen Mobil Terbesar

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 05 Januari 2021, 06:19 WIB
Fiat Mantap Merger Dengan Peugeot, Jadi Produsen Mobil Terbesar
Ilustrasi/Net
Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Peugeot Société Anonyme (PSA) Group bersiap melangkah bersama setelah jalan panjang berliku yang harus mereka lalui. Para pemegang saham nampaknya memberikan lampu hijau untuk aksi merger tersebut.

Chief Executive PSA, Carlos Tavares, mengambil alih kemudi gabungan PSA dan Fiat Chrysler tahun ini.

“Kami siap untuk merger ini,” katanya, pada pertemuan online, seperti dikutip dari Reuters.

Itu berarti dia harus segera menghidupkan kembali kekayaan produsen mobil di China, merasionalisasi kerajaan global yang luas, dan mengatasi kelebihan kapasitas yang sangat besar.

Mantan pembalap reli ini telah membuktikan keberaniannya dengan membalikkan keadaan menjadi produsen mobil terbesar Prancis.

Pada pertemuan pemegang saham khusus akhir pekan kemarin, disepakati bahwa Tavares meminta para investor untuk rencana merger PSA Group dan FCA di bawah nama perusahaan baru, Stellantis, dan akan menjadi pembuat mobil terbesar keempat di dunia.

Para pemegang saham di FCA dan PSA Group diharapkan menyetujui kesepakatan itu pada Senin (4/1), serta membuka jalan bagi transaksi senilai 52 miliar dolar AS yang akan diselesaikan pada akhir Maret.

Setelah beroperasi, Stellantis akan memiliki 14 merek mobil di bawah satu atap, mulai dari mobil Fiat, Jeep, Dodge, Ram dan Maserati milik FCA hingga Peugeot, Citroen, Opel, dan DS dari PSA.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA