BMW Seri 3 Sport Shadow, Sedan Sporty

Senin, 25 Februari 2019, 09:00 WIB

BMW Seri 3 Sport Shadow/Net

BMW Group Indonesia meri­lis Seri 3 Sport Shadow yang unitnya dijual terbatas. Sedan bernuansa sporty ini hadir den­gan beberapa komponen baru, membuat tampilannya sangat berbeda dari versi standar.

Product Planning BMW Group Indonesia Anindyanto Dwikumoro mengatakan, Seri 3 Sport Shadow merupakan mod­el terakhir dari 3 Series. "Inilah edisi terakhir 3 Series model sekarang, sambil menanti gen­erasi baru. Semua model men­jadi Edition Shadow," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Ada dua varian yang dita­warkan untuk 3 Series Edition Shadow. Tipe bawah BMW 320i Edition Sport Shadow seharga Rp 759 juta (off-the-road) dan BMW 330i Edition M Sport Shadow senilai Rp 899 juta (off-the-road).

Tidak banyak perubahan pada mobil ini dibanding mod­el sebelumnya, hanya berkutat dari sisi kosmetik agar tampi­lannya kian sporty. Caranya dengan menghilangkan aksen kromium di seputar eksterior.

Wajah bisa langsung dikenali dari warna black glossy di grille dan air dam yang menutup hiasan krom. Kemudian lampu depan dan belakang, kini memi­liki latar belakang warna hitam.

Bagian interior mendapat sentuhan baru lewat kulit Vernasca. Sudah mengadopsi sistem iDrive terbaru, BMW Navigation System Profes­sional 8,8-inci dan instrument display 10,25-inci.

Antara 320i dan 330i Edi­tion Shadow punya banyak perbedaan. Sebagai varian tert­inggi, 330i dilengkapi paket M Sport yang menghadirkan sensasi mendekati M murni.

Bagian luar disematkan paket M Aerodynamics dan terlihat penggunaan kaliper rem M Sport di balik pelek M berukuran 18-inci. Paling terasa perbedaan di karakter berkendara, karena dibekali Adaptive M Suspension dan Variable Sport Steering.

Adaptive M Suspension signifikan rasanya untuk peng­aturan rasa nyaman atau sporty. Semua tergantung keinginan pengemudi. Bila memilih mode Comfort, bantingan sus­pensi bakal nyaman.

Namun jika memilih mode Sport, semakin kaku dan lincah. Variable sport steering turut memberi pengaruh besar. Pergerakan kemudi dapat dia­tur sesuai mode berkendara. Pilihan Sport membuat sudut putar kemudi lebih kecil seh­ingga bertambah lincah.

Tidak ada perubahan dari sisi jantung mekanis. BMW 320i tetap ditenagai mesin N20B20 4-silinder 2,0-liter turbo den­gan tenaga 184 Tk dan torsi 270 Nm. Sementara BMW 330i memakai B48B20B 4-silinder 2,0-liter turbo berdaya 252 Tk dan torsi 350 Nm.

"BMW Indonesia berharap dapat meraih pertumbuhan di tahun 2019. Kondisi ekonomi yang diperkirakan akan men­ingkat secara umum, segmen kendaraan premium yang masih ada akan terus tumbuh, dikombinasikan dengan pelun­curan ragam kendaraan BMW terutama rangkaian kendaraan BMW X yang diperbarui dan menjangkau segmen lebih luas, diharapkan dapat mendu­kung pertumbuhan penjualan tahun ini," tukasnya. ***
Editor:
Tag:

Kolom Komentar


Video

Agustus Target Komnas HAM Ungkap Kasus 21-22 Mei

Rabu, 10 Juli 2019
Video

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Kamis, 11 Juli 2019
Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019