Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berisiko Terbakar, Toyota Tarik Satu Juta Mobil Hybrid

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 06 September 2018, 12:46 WIB
rmol news logo Raksasa mobil Jepang, Toyota menarik lebih dari 1 juta kendaraan hybrid di seluruh dunia karena potensi risiko kebakaran.

Menurut keterangan pihak Toyota pada Rabu (5/9), penarikan itu dilakukan pada mobil jenis Prius, Prius plug-in hybrid dan C-HR SUV. Langkah penarikan ini dimaksudkan untuk memperbaiki masalah dengan sistem kelistrikan yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kebakaran.

Lebih dari setengah kendaraan yang terkena dampak dari penarikan ini berada di Jepang. Sementara itu, tidak sampai 200 ribu mobil yang terkena dampak berada di Amerika Serikat. Sisanya dijual di Eropa dan pasar lainnya.

Pihak Toyota mengatakan bahwa masalah itu melibatkan kawat harness yang terhubung ke unit kontrol daya mobil. Ini bisa hilang seiring waktu, dan menghasilkan panas.

"Jika panas yang cukup dihasilkan, ada peningkatan risiko kebakaran kendaraan," kata juru bicara Toyota di Tokyo kepada CNN.

Penarikan kembali berlaku untuk mobil yang diproduksi antara Juni 2015 dan Mei 2018. Perusahaan mengatakan akan memberikan perbaikan kepada pelanggan secara gratis.

Sebelumnya, Toyota memiliki masalah dengan Prius sebelumnya.

Pada 2016, dia menarik lebih dari 1,7 juta kendaraan atas isu-isu yang berkaitan dengan kantong udara dan rem parkir mereka. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA