Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Toyota Jual 31 Ribu Mobil

New Rush Laris Manis

Rabu, 18 April 2018, 11:29 WIB
Toyota Jual 31 Ribu Mobil
Toyota New Rush/Net
rmol news logo Toyota membukukan pen­jualan wholesales 31.424 unit dan menguasai pangsa pasar sebesar 30,9 persen pada Maret 2018. Kinerja penjualan bulan lalu tumbuh 13,6 persen dibandingkan den­gan Februari 2018 sebanyak 27.665 unit.

Kenaikan terjadi di segmen-segmen yang menjadi tulang punggung penjualan seperti Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), dan hatchback. Pencapaian ini, memperlihatkan di tengah persaingan pasar yang ketat, produk Toyota tetap menarik minat pelanggan.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, sejumlah produk baru yang diluncurkan mendapat respons yang sangat positif. Permint­aannya pun meningkat seh­ingga penjualan wholesales-nya melonjak.

Menurut dia, sepanjang bulan lalu, SUV membukukan pertumbuhan tertinggi sebe­sar 36 persen. Hal itu antara lain berkat New Rush yang mencatatkan angka penjualan wholesales 5.027 unit dengan pertumbuhan sebesar 40,6 persen. Sedangkan, penjualan Fortuner mencapai 1.930 unit atau tumbuh 25,4 persen.

"Kebutuhan Toyota New Rush semakin positif. Un­tuk menjaga pelanggan tidak menunggu terlalu lama, su­plainya ke pasar ditingkatkan," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Secara total, dalam tiga bu­lan ini, wholesales Rush sudah mencapai angka 12.000 unit. Ini artinya suplai ke dealer rata-rata mencapai 4.000 unit per bulan. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan suplai dalam tiga tahun terakhir yang rata-rata hanya sekitar 1.600-2.200 unit per bulan.

Segmen yang mencatatkan pertumbuhan terbesar kedua pada bulan lalu adalah MPV, yaitu 10,2 persen. Pada Maret 2018, MPV Toyota membu­kukan total wholesales 19.511 unit. Avanza masih menjadi kontributor terbesar Toyota dengan wholesales sebanyak 7.097 unit pada bulan lalu.

Berdasarkan data Gaikindo, pada Maret lalu secara nasional pasar low MPV membukukan total penjualan 24.420 unit. Secara volume, angka ini cu­kup stagnan karena dalam tiga bulan pertama 2018 angkanya relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu di kisaran 24.000 unit per bulan.

Toyota berupaya untuk me­nyeimbangkan antara suplai dan permintaan. Permintaan terhadap Avanza ternyata tetap meningkat sehingga di Maret suplainya kembali ke level 7.000 unit.

Sementara itu, segmen hatchback juga berkontribusi terhadap pertumbuhan pen­jualan Toyota pada bulan lalu. Wholesales hatchback Toyota pada Maret lalu tercatat seban­yak 3.396 unit atau tumbuh 9 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. ***

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA