Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MOBIS Solusi Bisnis Untuk UKM Jaman Now

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 16 Maret 2018, 08:13 WIB
MOBIS Solusi Bisnis Untuk UKM Jaman Now
rmol news logo PT Rajawali Indonesia Sejahtera (TRIS) meresmikan unit bisnis Mobis.com yang mengakomodir para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Perusahaan tersebut membuat terobosan inovasi pengembangan bisnis dengan meluncurkan unit bisnis Mobis.com yang dapat memberi benefit bagi para pelaku usaha yang bergabung.

Mobis atau Motor Bisnis adalah berupa motor bisnis tiga roda serba guna yang dapat digunakan untuk toko, resto kafe dan iklan berjalan yang sangat efisien dan
efektif.

Komisaris Utama TRIS, Indra Hendriyadi menerangkan, Motor Bisnis yang diluncurkan kali ini merupakan terobosan solusi bisnis untuk UKM Jaman Now.
Pertama, Efektif meningkatkan omset UMKM, karena dapat mobile berjualan ke beberapa lokasi, sehingga meningkatkan omset  ketimbang  hanya diam di satu lokasi. Kedua, Mobis ini amat efisien, biaya operasional sangat murah dan dapat berjalan 26 Km dengan satu liter bensin.

"Kelebihan ketiga, Mobis sangat aman, dibandingkan dengan UMKM kaki lima yang mudah terkena penertiban atau kadang menggangu lalu lintas. Mobis dapat berpindah tempat dan UKM dapat berdagang secara aman dan tertib," papar Indra pada  peluncuran program tersebut  di kantor PT TRIS, Jakarta Selatan, Kamis (15/3).

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan MoU PT. TRIS dengan kalangan UMKM yang tergabung dalam  HIPMIKINDO. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno yang berhalangan hadir diwakili utusannya.

Teja Hartono yang juga komisaris PT TRIS menambahkan, bisnis yang digeluti pihaknya bukan sekadar penjualan motor. Lebih dari itu, para pelaku UMKM juga akan dibimbing bahkan dibantu dalam hal permodalan.

Ia berpendapat hal ini sebuah terobosan baru dari perusahaan. "Ini skema bisnis yang berbeda. Ini bukan hanya bisnis oriented namun lebih ke sosial bisnis. Kita tidak berdiri sendiri namun bersanding bersama UMKM untuk membangun bangsa," ujarnya.

Teja menambahkan, pihaknya menargetkan dalam satu tahun ini sebanyak 100 ribu pelaku UMKM bergabung menjalankan bisnis jualan keliling menggunakan Mobis.  "Syarat mendaftar cukup KTP sama NPWP. Nanti akan kami lakukan wawancara. Jika lolos, kami akan ajukan ke pihak bank untuk sisi permodalan termasuk kredit mobil bisnis ini," ungkap dia.

Di Jakarta sendiri, ia menambahkan, akan coba merangkul para Pedagang Kaki Lima (PKL) atau masyarakat yang ingin memulai berbisnis.

Hemat Teja, banyak lokasi potensial di Jakarta untuk berjualan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI. Selain di tempat-tempat umum, PT TRIS  akan mengupayakan ke pihak pemilik gedung perkantoran atau mal.

Adapun Mobis ini menggunakan kendaraan TVS roda tiga. Satu unitnya dijual antara Rp 75 juta hingga Rp 100 juta tergantung konsep bisnis yang diajukan pelaku usaha. Sedangkan desain Mobis disesuaikan bagi pelaku usaha tentang apa yang mau ia jual.[rry]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA