Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penjualan Ekspor Toyota Naik 20%

Fortuner Penyumbang Terbesar

Senin, 18 Desember 2017, 08:36 WIB
Penjualan Ekspor Toyota Naik 20%
Foto/Net
rmol news logo Toyota Indonesia mencatat sepanjang Januari-November berhasil ekspor 190.000 ken­daraan utuh (Completely Built Up/CBU). Jumlah tesebut naik 20 persen dibandingkan tahun lalu.

Wakil Presiden Toyota Mo­tor Manufacturing Indone­sia (TMMIN) Edward Otto Kanter mengatakan pening­katan ekspor itu melampaui target perusahaan sebesar 10 persen dari total ekspor tahun lalu. "Dari target 10 persen, rasa-rasanya malah mencapai 20 persen menjadi 190.000 unit untuk tahun ini dari seluruh model Toyota," kata Edward di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut dia, meskipun negara-negara Timur Tengah perekonomian sedang tu­run akibat anjloknya harga minyak, tetap menjadi pe­nyumbang ekspor Toyota. Ekspor Toyota juga meningkat di kawasan Asia Tenggara.

"Ekspor itu tergantung negara tujuan. Wilayah Timur Tengah memang ada penu­runan harga minyak, tapi di bagian lain di ASEAN menga­lami peningkatan," jelas dia.

Toyota Fortuner, menurut dia, menjadi primadona ekspor setelah produk unggulan lain seperti Toyota Kijang Innova, Yaris dan Sedan Vios. For­tuner menyumbang 35 persen atau mendekati 60.000 unit. Model terlaris berikutnya ada­lah Vios 14 persen dan Innova 5 persen.

Dia berharap, total ekspor Toyota pada tahun ini bisa mencapai 200 ribu unit. Angka itu jadi target psikologis se­bab menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Toyota di Indonesia. "Itu memang angka psikologis, dari digit satu ke dua, itu cita-cita," katanya.

Salah satu faktor yang mem­bantu meningkatnya ekspor Toyota pada tahun ini adalah respons positif dari Vietnam dan Filipina. Edward mengatakan permintaan Fortuner meningkat di sana.

Toyota sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mem­pertahankan pangsa pasar (market share) sebesar 35 persen pada tahun depan. Salah satunya adalah me­luncurkan beberapa produk baru.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, market share Toyota dalam 11 bulan tahun 2017 sesuai dengan target yaitu sebesar 35 persen. capaian itu akan ber­tahan hingga akhir tahun ini.

Pada tahun depan, Toyota akan meluncurkan produk terbaru. "Kami akan selalu mempelajari produk baru yang sesuai dengan konsumen di Indonesia," katanya.

Langkah kedua adalah pem­banguan dealer tahun depan akan dilakukan di kota-kota kecil. Hal ini untuk memper­luas jangkauan kepada calon konsumen Toyota. Sedangkan terakhir adalah memberikan layanan purna jual terbaik kepada konsumen. ***

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA